Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Abandoned Baby

Bullish Abandoned Baby adalah pola candlestick yang memberikan sinyal bahwa kemungkinan besar harga akan bergerak naik. Pola candlestick ini punya kemiripan dengan pola candlestick lainnya, Bullish Morning Doji Star. Pola candlestick Bullish Abandoned Baby digolongkan sebagai pola candlestick yang punya tingkat ketepatan tinggi sehingga kita dapat menggunakannya tanpa menunggu konfirmasi lagi.

Untuk lebih memahami pola candlestick ini, mari terlebih dahulu kita lihat gambar di bawah ini:

Bullish Abandoned Baby

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa ada sebuah candlestick doji yang seolah-olah tertinggal di bawah. Ada gap yang signifikan antara doji tersebut dengan candlestick di atasnya (candlestick berbatang hitam dan putih). Apa yang sebenarnya terjadi di sini? Mari kita cari tahu jawabannya dengan menganalisa pola tersebut. Kita asumsikan bahwa kejadian dalam pembentukan pola candlestick Bullish Abandoned Baby tersebut terjadi dalam rentang waktu harian.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick yang berbatang panjang dengan warna hitam. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish sedang kuat-kuatnya dan menyerang tanpa ampun hingga jauh ke daerah musuh. Dapat diprediksi bahwa keesokannya pun pasukan Jendral Bearish masih akan menguasai pertempuran. Dalam kata lain, keesokan harinya, diprediksi bahwa masih akan terjadi penurunan harga.

Dan benar saja, keesokannya pasukan Jendral Bearish masih merangsek ke daerah Jendral Bullish yang ditunjukkan oleh gap yang terjadi antara candlestick berbatang hitam dengan candlestick doji. Ya, terjadi penurunan harga yang signifikan dalam hal ini. Namun, bentuk doji memberitahu kita bahwa setelah menyerang jauh ke daerah musuh dalam jangka waktu yang lama, kekuatan pasukan Jendral Bearish terlihat mulai melemah.

Bentuk doji juga menggambarkan bahwa pasukan Jendral Bullish mulai melancarkan serangan balasan. Serangan balasan ini dimungkinkan karena kekuatan pasukan Jendral Bullish mulai seimbang dengan pasukan Jendral Bearish. Dalam hal ini, dapat kita harapkan bahwa keesekoan harinya pasukan Jendral Bullish akan terus menyerang pasukan Jendral Bearish yang telah kelelahan. Ini berarti kemungkinan harga akan naik keesokan harinya.

Dan ternyata prediksi pada hari kedua terkonfirmasi pada hari ketiga. Dapat kita lihat pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick berbatang putih dengan panjang yang cukup signifikan. Ini memberitahu kita bahwa ternyata pada akhirnya pasukan Jendral Bearish benar-benar melemah sehinga pasukan Jendral Bullish menjadi lebih kuat. Pasukan Jendral Bullish menyerang dengan tanpa ampun dan merangsek maju.

Maju untuk merebut kembali daerah-daerah yang sebelumnnya telah dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Situasi ini memberitahu kita bahwa kemungkinan besar pasukan Jendral Bullish akan terus menguasai pertempuran untuk hari-hari selanjutnya. Pasukan Jendral Bullish akan terus merangsek maju, menguasai daerah-daerah yang saat ini masih dikuasai pasukan Jendral Bearish. Ya, ini berarti harga akan terus bergerak naik dalam jangka waktu yang lama.

Kemungkinan ini terjadi sudah sangat besar karena (seperti yang telah disinggung sebelumnnya) sudah ada konfirmasi di dalamnya. Kita dapat mulai membeli saham tanpa perlu menunggu konfirmasi lagi. Ya, kita boleh langsung membeli saham setelah pola Bullish Abandoned Baby ini terbentuk dalam chart pergerakan harganya. Namun, jika masih bisa, sebaiknya kita memilih untuk menekan resiko lebih kecil lagi.

Oleh sebab itu, walau pola candlestick Bullish Abandoned Baby telah terbentuk, kita boleh menunggu konfirmasi lainnya sehingga kita punya konfirmasi ganda. Seperti yang dikatakan sebelumnnya, pasukan Jendral Bullish memang telah menguasai keadaan (ditunjukkan oleh candlestick berbatang putih pada hari ketiga) tapi belum sekuat pasukan Jendral Bearish pada hari pertama (ditunjukkan dengan candlestick hari ketiga yang masih lebih pendek dari candlestick hari pertama).

Dalam hal ini, kita sebaiknya menunggu sampai terkonfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish pada hari pertama. Kita menunggu harga penutupan yang lebih tinggi dari harga pembukaan yang terjadi di hari pertama. Mari kita lihat gambar di bawah untuk memahami konfirmasi yang sedang kita tunggu.

Bullish Abandoned Baby dengan Konfirmasi

Saya telah menambahkan sebuah candlestick berbatang putih dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Dapat kita lihat bahwa pada hari keempat terbentuk candlestick yang harga penutupannya lebih tinggi dari harga pembukaan candlestick hari pertama. Ini memberi tahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih kuat jika dibandingkan dengan kekuatan pasukan Jendral Bearish pada hari pertama.

Benteng pertahanan yang kuat telah dibangun di daerah Jendral Bearish. Jadi, dapat diharapkan bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus merangsek ke daerah Jendral Bearish untuk jangka waktu yang lama. Kita dapat terus menahan saham yang telah kita beli sampai ada sinyal pembalikan arah kembali. Kita tahan sampai pasukan Jendral Bullish melemah sehingga pasukan Jendral Bearish kembali kuat untuk menyerang balik.