Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Upside Gap Two Crows

Kembali, mari kita membahas pola candlestick bearish dengan tingkat ketepatan yang tinggi. Setelah sebelumnya kita membahas pola candlestick Bearish Three Outside Down, kali ini kita akan membahas pola candlestick Bearish Upside Gap Two Crows. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sebuah tren naik (bullish) telah berakhir dan sebuah tren turun (bearish) sedang dimulai. Pola candlestick Bearish Upside Gap Two Crows terdiri dari tiga candlestick.

Satu candlestick putih dan dua candlestick hitam. Seperti yang telah disebut sebelumnnya, pola candlestick ini punya tingkat ketepatan tinggi yang berarti, kita tidak perlu menunggu konfirmasi setelahnya. Kita bisa langsung bertindak menjual saham yang kita miliki setelah pola candlestick ini terbentuk. Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas lebih detail.

Pola Candlestick Bearish Upside Gap Two Crows

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bearish Upside Gap Two Crows terbentuk setelah sebuah tren naik (bullish). Pola candlestick ini diawali oleh sebuah candlestick putih yang kemudian diikuti oleh dua buah candlestick hitam. Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, sebuah candlestick putih berbatang panjang terbentuk.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Sama sekali belum terlihat ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Dari candlestick putih ini dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus mendominasi pertempuran keesokan harinya. Sayangnya prediksi tersebut salah. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang relatif pendek.

Candlestick ini mempunyai harga pembukaan dan penutupan diatas harga penutupan hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka memukul mundur pasukan Jendral Bearish. Kemudian, pasukan Jendral Bearish memperoleh kekuatannya dan dapat memberikan serangan balasan yang kuat. Pasukan Jendral Bullishpun mulai terpukul mundur.

Memang cuma terpukul mundur sedikit. Benteng pertahanan kuat pasukan Jendral Bullish yang terbentuk pada hari pertama belum dapat ditembus – bahkan mendekatipun tidak. Namun setidaknya, mulai terlihat bahwa pasukan Jendral Bearish sudah cukup kuat untuk memukul mundur pasukan Jendral Bullish. Ini adalah sebuah sinyal agar kita mulai hati-hati. Pasukan Jendral Bearish dapat mendominasi pertempuran dihari-hari mendatang.

Pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan diatas harga pembukaan hari kedua. Harga penutupannya dibawah harga penutupan hari kedua dan diatas harga pembukaan hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih cukup kuat untuk menyerang ke daerah Jendral Bearish. Pasukan Jendral Bearish sempat terpukul mundur.

Kemudian, seperti pada hari kedua, pasukan Jendral Bearish berhasil membalas dengan kekuatan yang tidak main-main. Pasukan Jendaral Bulish kembali terpukul mundur. Kali ini bahkan terpukul mundur lebih jauh jika dibandingkan dengan hari kedua. Pasukan Jendral Bearish telah mencapai benteng pertahanan kuat yang tebentuk pada hari pertama. Belum menembus sih, tapi sudah berada didepan pintu benteng tersebut.

Tinggal menunggu waktu saja hingga benteng tersebut berhasil dihancurkan oleh pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus merangsek maju dan merebut wilayah yang sebelumnnya dikuasi oleh pasukan Jendral Bullish. Memang sih, secara statistik, kita tidak perlu menunggu konfirmasi lagi. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih meminimalkan resiko dengan menunggu konfirmasi terlebih dahulu.

Konfirmasi ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi pertempuran. Benteng pertahanan kuat pasukan Jendral Bullish yang terbentuk pada hari pertama telah dihancurkan. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Upside Gap Two Crows

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Harga penutupan candlestick hitam tersebut lebih rendah dari harga penutupan hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa akhirnya, benteng kuat pasukan Jendral Bullish yang terbentuk pada hari pertama, telah dihancurkan. Terkonfirmasi sudah bahwa pasukan Jendral Bearish telah dan akan mendominasi pertempuran pada hari-hari mendatang.