Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Three Star

Sebelumnya sekolah saham telah membahas pola candlestick Bearish Advance Block. Kali ini kembali sekolah saham membahas mengenai pola candlestick yakni pola candlestick Bearish Three Star. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menuju tren turun (Bearish). Ini berarti ketika pola candlestick ini muncul, saatnya mulai menjual saham yang dimiliki.

Namun, tunggu dulu. Ternyata pola candlestick Bearish Advance Block ini punya tingkat ketepatan menengah yang berarti peluang tidak terjadinya pembalikan arah masih cukup besar. Tentu sangat merugikan jika kita telah menjual saham tapi ternyata harganya masih terus bergerak naik. Oleh karena hal ini maka disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai bertindak. Untuk lebih memahami mengenai pola candlestick ini, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Three Star

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bearish Three Star terdiri dari tiga buah candlestick doji. Ketiga candlestick doji ini mempunyai ekor bawah dan atas yang sama panjang hingga membentuk tanda silang (cross). Tampak seperti formasi tiga bintang. Sepertinya hal inilah yang menghilhami nama pola candlestick ini. Untuk mempermudah analisa, mari kita mengasumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah yang sama pendek. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish benar-benar sedang sama kuat. Jika berdiri sendiri, tidak ada prediksi yang dapat dilakukan. Namun, karena candlestick ini terbentuk setelah sebuah dominasi pasukan Jendral Bullish yang sangat panjang, lain lagi ceritanya.

Candlestick doji ini memberitahu kita bahwa pada awalnya pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya dan merangsek ke daerah pasukan Jendral Bearish. Ternyata, pertahanan pasukan Jendral Bearish sangat kuat hingga rangsekan pasukan Jendral Bullish tertahan. Diprediksi hal yang sama masih akan berlangsung pada hari selanjutnya. Dan terbukti, pada hari kedua terbentuk candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama pendek.

Harga pembukaan dan penutupan sedikit diatas hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa ceritanya masih sama dengan hari pertama. Pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bullish dengan bersemangat berusaha merangsek maju. Ternyata pertahanan pasukan Jendral Bearish masih sangat kuat hingga rangsekan pasukan Jendral Bullish terhahan kembali. Diprediksi bahwa kejadiannya masih akan sama pada keesokan harinya.

Dan ternyata memang kondisi pertempuran masih imbang pada hari ketiga. Terbentuk sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama pendek. Namun, ada yang berbeda dengan hari pertama dan hari kedua. Pada hari ketiga ini, harga pembukaan dan penutupan berada dibawah hari kedua. Ini memberitahu kita bahwa pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bearish mengambil inisiatif pertama untuk menyerang.

Mereka berhasil merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bullish. Namun, kekuatan pasukan Jendral Bullish masih cukup kuat sehingga serangan pasukan Jendral Bearish masih tertahan. Dapat diprediksi bahwa pada hari-hari selanjutnya, pasukan Jendral Bearish akan terus menggempur pertahan pasukan Jendral Bullish. Tinggal menunggu waktu hingga pasukan Jendral Bearish dapat mendominasi pertempuran.

Perlu dicatat bahwa masih menunggu waktu yang berarti dominasi pasukan Jendral Bearish belum terjadi. Ini berarti kita perlu menunggu konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Three Star

Pada gambar diatas, telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish pada akhirnya berhasil menembus pertahanan pasukan Jendral Bullish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus turun. Saatnya menjual.