Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Three Outside Down

Kembali kita membahas pola candlestick. Kali ini, kita bahas salah satu pola candlestick bearish yang mempunyai tingkat ketepatan tinggi – Bearish Three Outside Down. Pola candlestick ini memberitahu bahwa tren naik (bullish) sudah berakhir dan tren turun (bearish) sedang dimulai. Ya, pola candlestick ini memberitahu kita untuk menjual saham yang kita miliki karena harganya akan terus turun dalam waktu yang lama.

Pola candlestick ini terdiri dari tiga buah candlestick dan sudah terkandung sebuah konfirmasi didalamnya. Inilah yang menyebabkan bahwa candlestick ini termasuk dalam pola candlestick dengan ketepatan tinggi. Tidak perlu menunggu konfirmasi terlebih dahulu – cukup dengan pola candlestick Bearish Three Outside Down, kita sudah boleh mulai menjual. Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas secara detail.

Pola Candlestick Bearish Three Outside Down

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bearish Three Outside Down adalah sebuah pola candlestick Bearish Engulfing lengkap dengan konfirmasinya. Tidak heran mengapa tidak perlu menunggu konfirmasi lagi. Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, ada sebuah candlestick putih berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Dapat diprediksi bahwa hari-hari selanjutnya, mereka masih akan terus mendominasi. Harga masih akan terus naik. Sayangnya, prediksi ini terbukti salah. Pada hari kedua, sebuah candlestick hitam berbatang panjanglah yang terbentuk. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan lebih tinggi dari harga penutupan hari kedua.

Harga penutupannya lebih rendah dari harga pembukaan hari kedua. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya dan menyerang ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, pasukan Jendral Bearish ternyata telah memperoleh kembali kekuatannya dan dapat melakukan serangan balik yang sangat kuat. Mereka dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish – bahkan hingga jauh.

Pada akhir hari kedua, pasukan Jendral Bearish berhasil merebut seluruh daerah yang telah direbut oleh pasukan Jendral Bullish pada hari pertama. Bahkan mereka dapat merebut daerah yang lebih luas lagi. Dapat dikatakan bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi pertempuran. Diprediksi, pasukan Jendral Bearish masih akan terus mendominasi pertempuran untuk keesokan harinya.

Dan terbukti. Pada hari ketiga, sebuah candlestick hitam berbatang panjang terbentuk. Harga pembukaannya lebih tinggi sedikit dari harga penutupan hari kedua dan harga penutupannya lebih rendah dari harga penutupan hari kedua. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish berusaha memberi perlawanan. Namun, akhirnya, mereka tidak cukup kuat. Pasukan Jendral Bearish mendominasi kembali.

Hingga akhirnya, kembali, pasukan Jendral Bearish dapat merebut beberapa wilayah dari pasukan Jendral Bullish. Terkonfirmasi sudah bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish benar-benar mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Diprediksi, dominasi ini akan terus berlangsung dalam waktu yang lama. Harga saham akan terus turun. Jelas, ini adalah sebuah sinyal jual. Ya, harus menjual saham yang kita miliki.

Sudah tidak perlu menunggu konfirmasi lain lagi karena telah ada konfirmasi yang terkandung didalamnya. Namun, jika anda ingin lebih memastikan dengan menunggu konfirmasi eksternal, ya tidak apa apa juga. Konfirmasi ini akan memberitahu bahwa memang pasukan Jendral Bearish masih terus melanjutkan dominasinya. Untuk memahaminya, mari lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Bearish Three Outside Down

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Candlestick tersebut memiliki harga penutupan yang lebih rendah dari harga penutupuan hari ketiga. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih terus merangsek maju untuk menguasai daerah-daerah yang sebelumnnya dikuasai pasukan Jendral Bullish. Dominasi ini akan terus berlanjut. Terkonfirmasi sudah bahwa harga saham akan terus turun.