Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Three Black Crows

Kembali kita bahas salah satu pola candlestick bearish yang mempunyai tingkat ketepatan tinggi, Bearish Three Black Crows. Seperti halnya pola candlestick sebelumnya, Bearish Evening Star. Pola candlestick inipun tidak memerlukan konfirmasi karena didalamnya sendiri sudah terkandung konfirmasi. Pola candlestick ini dapat disebut sebagai pola candlestick bearish sejati karena disusun hanya oleh candlestick hitam berbatang panjang.

Seperti yang sudah diketahui, candlestick hitam berbatang panjang ada simbol bahwa tren turun (bearish) yang mendominasi. Untuk lebih memahami tentang pola candlestick Bearish Three Black Crows ini, mari kita bahas secara detail informasi yang terkandung didalamnya.

Pola Candlestick Bearish Three Black Crows

Dapat kita lihat, setelah sebuah tren naik (bullish) yang cukup panjang, terbentuk tiga candlestick hitam berbatang panjang. Inilah yang disebut pola candlestick Three Black Crows. Pola candlestick ini adalah pertanda bahwa tren naik (bullish) sudah berakhir dan tren turun (bearish) baru dimulai. Untuk mempermudah, mari asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Dapat dikatakan tidak ada perlawanan sama sekali dari pasukan Jendral Bullish. Diprediksi bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi. Dan memang terbukti. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang.

Candlestick ini mempunyai titik pembukaan dan penutupan lebih rendah dari candlestick hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish terus mendominasi pertempuran. Mereka dapat terus merangsek maju ke daerah kekuasaan pasukan Jendral Bullish. Diprediksi dominasi ini akan terus berlanjut. Dan memang terbukti. Pada hari ketiga, sebuah candlestick hitam berbatang panjang terbentuk.

Candlestick ini mempunyai titik pembukaan dan penutupan yang lebih rendah dibandingkan candlestick hari kedua. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih terus mendominasi pertempuran. Mereka terus merangsek maju untuk merebut daerah yang sebelumnya dikuasai oleh pasukan Jendral Bullish. Diprediksi bahwa dominasi pasukan Jendral Bearish ini akan terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Dalam hal ini, candlestick hari kedua adalah konfirmasi dari candlestick hari pertama. Candlestick hari ketiga adalah konfirmasi dari candlestick hari pertama. Ini berarti telah ada dua konfirmasi yang terkandung dalam pola candlestick Bearish Three Black Crows ini. Jadi, tidak heran mengapa tidak diperlukan konfirmasi lagi. Namun, tidak ada salahnya menunggu sebuah konfirmasi lagi untuk lebih meminimalkan resiko.

Konfirmasi Three Black Crows

Pada gambar di atas, telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Dapat kita lihat bahwa tren turun (bearish) terkonfirmasi jika harga penutupan hari ketiga telah tertembus. Ini memberitahu kita bahwa pesan dari pola candlestick Bearish Three Black Crows telah terkonfirmasi kebenarannya. Jelas sudah bahwa tren turun (bearish) yang kuat sedang berlangsung. Harga akan terus turun.