Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Shooting Star

Setelah membahas mengenai pola candlestick Bearish Hanging Man, sekolah saham kembali membahas pola candlestick lainnya – pola candlestick Bearish Shooting Star. Pola candlestick ini adalah pola candlestick Bearish yang memberitahu bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari Bullish menuju Bearish. Tentu, ini adalah sinyal jual. Kita harus menjual saham yang dimiliki karena harganya akan terus turun.

Sayangnya, pola candlestick Bearish Shooting Star ini punya tingkat ketepatan rendah. Ini berarti, alih-alih turun, pergerakan harga saham bisa meneruskan kenaikannya setelah pola candlestick ini terbentuk. Tentu akan sangat merugikan jika kita telah terlanjur melepas saham yang kita miliki bukan? Solusinya adalah kita menunggu adanya konfirmasi terlebih dahulu sebelum menjual. Untuk lebih memahami mengenai pola candlestick ini, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Shooting Star

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bearish Shooting Star dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick berbatang pendek dengan ekor atas yang panjang. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa setelah sekian lama pasukan Jendral Bullish mendominasi, akhirnya ada perlawanan yang kuat dari pasukan Jendral Bearish. Jika terus berlanjut, bukan tidak mungkin, pasukan Jendral Bearish dapat membalikkan keadaan.

Candlestick tersebut menceritakan bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih berusaha meneruskan dominasinya. Mereka berhasil merangsek maju hingga jauh ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, akhirnya, pasukan Jendral Bearish berhasil melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Mereka berhasil mendesak pasukan Jendral Bullish mundur cukup jauh hingga akhir pertempuran.

Berdasarkan hal ini, ada kemungkinan bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus memukul mundur pasukan Jendral Bullish pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Namun, seperti yang dapat kita lihat, perlawanan pasukan Jendral Bullish masih cukup kuat dan tidak bisa dipandang remeh. Bisa saja bahwa pasukan Jendral Bullish kembali melanjutkan dominasinya pada pertempuran selanjutnya. Belum ada yang pasti dalam hal ini.

Oleh karena ini, sebaiknya kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mulai menjual saham. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish akhirnya bisa menghancurkan perlawanan pasukan Jendral Bullish dan mendominasi pertempuran. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Shooting Star

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar diatas. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus kebawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Perlawanan pasukan Jendral Bullish telah dihancurkan. Harga saham akan terus turun setelahnya. Saatnya untuk menjual.