Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Meeting Lines

Sebelumnya, telah dibahas mengenai pola candlestick Bearish Harami Cross. Kali ini, mari kembali membahas pola candlestick yakni pola candlestick Bearish Meeting Lines. Pola candlestick ini adalah sebuah penanda bahwa tren naik (Bullish) telah berakhir dan tren turun (Bearish) akan dimulai. Ini adalah saat yang paling tepat untuk menjual saham-saham yang kita miliki karena harga akan terus turun setelahnya.

Pola candlestick Bearish Meeting Lines ini mempunyai tingkat ketepatan menengah yang berarti alih-alih turun, bisa terjadi kenaikan setelahnya. Tentu jika yang terjadi kenaikan, kita akan merasa rugi karena telah menjual saham yang sebelumnya dimiliki. Untuk mencegah hal ini, disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai menjual. Mari memahami lebih lanjut mengenai pola candlestick ini dengan memperhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Meeting Lines

Tampak bahwa pola candlestick Bearish Meeting Lines dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Dapat dilihat bahwa batang candlestick putih dan hitam tersebut sama panjang. Untuk mempermudah analisa mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish masih akan terus berlanjut. Dan sayangnya, dominasi Jendral Bullish tersebut tidak terjadi. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Secara sekilas, dapat langsung terlihat bahwa yang mendominasi adalah pasukan Jendral Bearish. Namun, ceritanya tidak sesingkat itu. Pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bulllish masih mendominasi.

Mereka masih dapat merangsek jauh ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, diakhir pertempuran, pasukan Jendral Bearish berhasil mengumpulkan kekuatan dan melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Pasukan Jendral Bullish terpukul mundur hingga titik awal penyerangan pada hari itu. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan mendominasi pada pertempuran hari-hari selanjutnya.

Namun, pertahanan kuat Jendral Bullish masih belum hancur. Mereka masih punya potensi untuk bangkit keesokan harinya. Inilah mengapa disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu. Konfirmasi bahwa pertahanan kuat Jendral Bullish telah berhasil dihancurkan. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish akan benar-benar mendominasi. Untuk memahami konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Meeting Lines

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pertahanan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dihancurkan. Pasukan Jendral Bearish jelas akan mendominasi pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus turun. Saatnya untuk menjual.