Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Harami

Kembali sekolah saham membahas mengenai pola candlestick. Jika sebelumnya telah dibahas mengenai pola candlestick Bearish Shooting Star, kali ini, sekolah saham akan membahas mengenai pola candlestick Bearish Harami. Pola candlestick ini adalah pola Bearish yang memberitahu bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menjadi tren turun (Bearish). Tentu ini adalah sinyal untuk mulai menjual saham.

Tapi tunggu dulu. Ternyata tingkat ketepatan pola candlestick Bearish Harami ini cukup rendah. Jadi, bisa saja setelahnya, pergerakan harga saham malah meneruskan tren naik (Bullish) nya. Tentu saja akan sangat merugikan jika kita telah terlanjur menjual saham bukan? Solusinya adalah kita hanya boleh bertindak setelah ada konfirmasi. Untuk lebih memahami apa yang disampaikan oleh pola candlestick Bearish Harami, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Harami

Tampak bahwa pola candlestick Bearish Harami ini dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang relatif lebih pendek. Candlestick hitam tampak diliputi oleh candlestick putih. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Belum ada perlawanan berarti dari pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus mendominasi pada keesokan harinya. Sayangnya, prediksi ini terbukti salah. Keesokan harinya ada sebuah candlestick hitam dengan harga pembukaan dibawah harga penutupan pada hari pertama.

Harga penutupannya diatas harga pembukaan hari pertama. Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish tampak langsung menekan dengan sangat kuat dari awal pertempuran hingga akhir pertempuran. Pasukan Jendral Bullish tampak terdesak mundur cukup jauh. Namun, dapat dilihat juga bahwa pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish masih cukup punya kekuatan untuk menahan gempuran pasukan Jendral Bearish.

Jadi, sejauh ini, kita belum dapat mengatakan bahwa pasukan Jendral Bearish telah mendominasi. Ya, betul mereka memang telah memenangkan pertempuran, tapi belum bisa dibilang mendominasi. Oleh karenanya, sebaiknya kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum bertindak. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Harami

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam dan sebuah garis konfirmasi pada gambar diatas. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus kebawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi. Kemungkinan besar dominasi ini akan berlanjut pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus turun. Saatnya menjual saham.