Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Harami Cross

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai pola candlestick Bearish Gravestoned Doji. Kali ini, kembali kita akan membahas pola candlestick lainnya yakni pola candlestick Bearish Harami Cross. Pola candlestick ini adalah sebuah pertanda bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menjadi tren turun (Bearish). Jadi, setelah pola candlestick ini terbentuk, kita harusnya mulai menjual saham yang dimiliki.

Ini karena harga saham akan terus turun kedepannya. Namun, pola candlestick Bearish Harami Cross ini mempunyai tingkat ketepatan menengah. Ini berarti peluang penurunan harga masih belum cukup besar. Alih-alih penurunan, bisa saja akhirnya, tren naik masih terus berlanjut. Oleh sebab itu, disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mulai menjual. Untuk lebih memahaminya, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Harami Cross

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bearish Harami Cross dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama panjang. Untuk mempermudah analisa, mari asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama ada sebuah candlestick putih berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pada hari pertama, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Masih belum ada perlawanan berarti dari pasukan Jendral Bearish. Dapat disimpulkan bahwa keesokan harinya, kemungkinan besar pasukan Jendral Bullish masih akan mendominasi pertempuran. Sayangnya, hal ini tidak terbukti. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama panjang.

Harga pembukaan dan penutupan berada dibawah harga penutupan pada hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bearish langsung menginisiasi serangan kejutan yang dapat memukul mundur pasukan Jendral Bullish. Sempat sih ada perlawanan dari pasukan Jendral Bullish, namun tidak cukup kuat untuk mendesak mundur pasukan Jendral Bearish kembali.

Pada akhirnya, pasukan Jendral Bearish berhasil merebut setengah dari daerah yang pada hari pertama telah dikuasai oleh pasukan Jendral Bullish. Ini berarti ada peluang bahwa pasukan Jendral Bearish akan mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Namun, dapat juga dilihat bahwa perlawanan pasukan Jendral Bullish masih cukup kuat. Dapat saja pasukan Jendral Bullish menguat dan mendominasi kembali pertempuran.

Inilah mengapa disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum bertindak. Menunggu konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Harami Cross

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar diatas. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Pasukan Jendral Bearish jelas akan mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus turun. Saatnya untuk menjual.