Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Hanging Man

Sebelumnya, sekolah saham telah membahas 4 Pola Candlestick Bullish dengan tingkat ketepatan rendah. Kali ini, kembali akan dibahas pola candlestick dengan tingkat ketepatan rendah. Jika sebelumnnya dibahas mengenai pola candlestick Bullish, kali ini dibahas pola candlestick Bearish. Pola candlestick Bearish dengan tingkat ketepatan rendah tepatnya. Akan dibahas mengenai pola candlestick Bearish Hanging Man.

Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi perubahan arah dari tren naik (Bullish) menuju tren turun (Bearish). Tentu, karena tingkat ketepatannya rendah, menunggu konfirmasi adalah hal yang wajib dilakukan. Menunggu konfirmasi bahwa tren naik telah benar-benar berakhir dan tren turun sedang berlangsung. Untuk lebih memahami mengenai pola candlestick Bearish Hanging Man ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Hanging Man

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bearish Hanging Man dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick pendek berekor bawah panjang. Perlu dicatat bahwa candlestick tersebut terbentuk setelah sebuah tren naik (Bullish) yang cukup panjang. Tampak bahwa candlestick tersebut seperti tergantung diatas. Candlestick tersebut memberitahu kita bahwa sudah mulai terlihat perlawanan dari pasukan Jendral Bearish.

Ini merupakan sebuah pertanda krusial karena sebelumnya, pasukan Jendral Bullish benar-benar mendominasi. Tidak ada terlihat sedikitpun perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Jadi, candlestick tersebut memberitahu bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah dapat mengimbangi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Sudah ada peluang bahwa pasukan Jendral Bearish akan mengambil alih dominasi dalam waktu dekat.

Tentu, kita baru bicara peluang dalam hal ini. Toh, kekuatan kedua pasukan masih dalam tahap seimbang. Belum ada salah satu pihak yang benar-benar unggul atas yang lain. Jadi, apapun bisa terjadi. Bisa saja akhirnya pasukan Jendral Bullish kembali meneruskan dominasinya. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu adanya konfirmasi sebelum mulai bertindak. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish akhirnya mendominasi.

Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish akhirnya melemah dan dapat dihancurkan oleh pasukan Jendral Bearish. Harus benar-benar telah terkonfirmasi bahwa memang sudah masa dominasi pasukan Jendral Bearish yang terjadi. Setelah adanya konfirmasi tersebutlah baru kita boleh mulai melepas saham-saham yang kita miliki. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Hanging Man

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish benar-benar telah mendominasi. Perlawanan pasukan Jendral Bullish telah dipatahkan. Pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pertempuran-pertempuran selanjutnya. Saatnya untuk menjual saham.