Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Gravestone Doji

Sebelumnya sekolah saham sudah membahas mengenai pola candlestick Bearish Engulfing. Kali ini, akan dibahas pola candlestick Bearish lainnya yakni pola candlestick Bearish Gravestone Doji. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menuju tren turun (Bearish). Ini adalah pertanda bahwa kita harus mulai menjual saham yang kita miliki karena harganya akan terus turun.

Pola candlestick Bearish Gravestone Doji ini mempunyai tingkat ketepatan menengah yang berarti masih ada peluang bahwa tren naik (Bullish) masih akan terus berlanjut. Tentu kita akan melongo ketika hal ini yang terjadi karena sudah terlanjur menjual saham kita. Inilah mengapa disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai menjual saham. Untuk lebih memahami cerita dibalik pola candlestick ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Gravestone Doji

Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Dapat dilihat, seperti halnya pola candlestick doji lainnya, pola candlestick Bearish Gravestone Doji juga terdiri dari sebuah candlestick. Sebuah candlestick dengan harga pembukaan dan penutupan yang sama serta dengan ekor atas yang sangat panjang. Ini memberitahu kita bahwa diawal pertempuran, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya.

Mereka berhasil merangsek maju jauh ke daerah pasukan Jendral Bearish. Kemudian, pasukan Jendral Bearish berhasil mengumpulkan kekuatan dan melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Mereka dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish hingga ke titik awal penyerangan (ke benteng pertahanan pasukan Jendral Bullish hari itu). Besar kemungkinan bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish pada akhirnya telah dapat mengatasi pasukan Jendral Bullish.

Dengan demikian, kemungkinan pasukan Jendral Bearish akan mendominasi pada hari-hari selanjutnya. Perlu dicatat bahwa ini baru kemungkinan. Ini karena benteng pertahanan pasukan Jendral Bullish masih kuat berdiri – belum berhasil dihancurkan. Kita perlu menunggu konfirmasi bahwa pada akhirnya pasukan Jendral Bearish berhasil menghancurkan benteng pertahanan tersebut hingga pasukan Jendral Bullish tidak bisa melawan lagi.

Untuk mehamami mengenai konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Gravestone Doji

Telah ditambahkan sebuah garis konfirmasi dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus garis konfirmasi kearah bahwah. Ini memberitahu kita bahwa benteng pertahanan – dua benteng pertahan tepatnya – pasukan Jendral Bullish telah berhasil ditembus oleh pasukan Jendral Bearish. Dominasi pasukan Jendral Bearish akan terusl berlanjut. Harga akan terus turun. Saatnya untuk menjual saham.