Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Evening Star

Kita akan membahas salah satu dari pola candlestick bearish yang mempunyai tingkat ketepatan tinggi. Kali ini kita membahas tentang Bearish Evening Star. Pola candlestick ini mempunya kemiripan dengan pola candlestick Bearish Abandoned Baby. Yang berbeda hanyalah bentuk candlestick pada hari kedua saja – yang satu adalah candlestick doji sementara yang lain adalah candlestick berbatang pendek.

Pesan yang terkandung dalam pola candlestick Bearish Evening Star juga mirip dengan pesan dalam pola candlestick Bearish Abandoned Baby. Setelah pola candlestick ini terbentuk, diprediksi bahwa pergerakan harga saham akan berada dalam tren turun (bearish) dalam jangka waktu yang lama. Harga saham akan terus turun. Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas secara detail.

Pola Candldestick Bearish Evening Star

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bearish Evening Star dibentuk oleh tiga candlestick – satu candlestick putih berbatang panjang, satu candlestick berbatang pendek, dan satu candlestick hitam berbatang panjang. Perlu dicatat bahwa candlestick berbatang pendek bisa berwarna hitam atau putih. Tidak ada bedanya. OK, untuk mempermudah pembahasan, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang. Perlu dicatat candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren naik yang cukup lama. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Diprediksi, keesokan harinya, mereka masih akan mendominasi pertempuran. Ternyata prediksi tersebut tepat. Keesokan harinya, terbentuk sebuah candlestick berbatang pendek diatas candlestick hari pertama.

Harga pembukaan dan penutupan candlestick hari kedua ini berada diatas harga penutupan hari pertama. Pasukan Jendral Bullish masih menguasai pertempuran. Mereka masih dapat merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, jika melihat batang yang pendek, pasukan Jendral Bullish tidak terlalu mendominasi lagi. Sudah ada perlawanan yang kuat dari pasukan Jendral Bearish. Diprediksi perlawanan ini akan terus menguat.

Sayangnya, prediksi ini benar. Pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang dengan harga pembukaan dan penutupan dibawah harga pembukaan dan penutupan candlestick hari kedua. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi pertempuran. Perlawanan dari pasukan Jendral Bullish – jikapun ada – sudah benar-benar lemah.

Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pertempuran untuk hari-hari selanjutnya. Dapat dikatakan bahwa candlestick hari ketiga adalah sebuah konfirmasi dari dimulainya tren turun (bearish). Jadi dapat dikatakan bahwa harga saham akan terus turun pada hari-hari selanjutnya. Kita dapat mulai menjual saham tanpa perlu menunggu konfirmasi lagi. Ini mengapa pola candlestick ini disebut mempunyai ketepatan yang tingi.

Namun, seperti biasa, tidak ada salahnya jika kita ingin mengurangi resiko dengan menunggu sebuah konfirmasi lagi. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat melebih kekuatan pasukan Jendral Bullish pada hari pertama. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Bearish Evening Star

Saya telah menambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi (berwarna biru). Candlestick hitam berbatang panjang tersebut memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish terus mendominasi pertempuran. Penembusan garis konfirmasi memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar lebih kuat dari kekuatan pasukan Jendral Bullish pada hari pertama.

Dapat disimpulkan bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar sedang mendominasi pertempuran dan akan berlangsung dalam waktu yang lama. Harga saham akan terus turun. Jika ada kenaikan, maka itu kemungkinan besar hanyalah sementara saja – cuma pantulan (pull back) saja. Setelahnya, harga akan kembali bergerak turun. Tentu, ini adalah sinyal bahwa tren naik (bullish) telah berakhir dan diganti dengan tren turun (bearish).