Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Dragonfly Doji

Setelah sekian lama, sekolah saham kembali menghadirkan serial analisis teknikal pola candlestick. Terakhir, sekolah saham membahas 14 pola candlestick Bullish dengan tingkat ketepatan menengah. Kali ini, akan dibahas satu per satu pola candlestick Bearish dengan tingkat ketepatan menengah. Dalam hal ini Bearish berarti pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi perubahan arah dari tren naik (Bullish) menuju tren naik (Bearish).

Tingkat ketepatan menengah berarti masih besar peluang bahwa alih-alih berubah arah menjadi tren turun (Bearish), yang terjadi malah tren naik (Bullish) terus berlanjut. Oleh karenanya, sangat bijak untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli saham setelah kemunculan pola candlestick ini. OK, jika sudah jelas, mari kita mulai pembahasan dengan pola candlestick Bearish Dragonfly Doji.

Pola Candlestick Bearish Dragonfly Doji

Dari gambar diatas, tampak bahwa pola candlestick Bearish Dragonfly Doji dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick doji dengan ekor bawah yang panjang. Tampak juga bahwa pola candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren naik (Bullish) yang cukup panjang. Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick Bearish Dragonfly Doji ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pola candlestick ini memberitahu bahwa setelah sebelumnnya pasukan Jendral Bullish sangat mendominasi pertempuran – terlihat dari pergerakan candlestick yang terus menaik. Namun, pada akhirnya ada tanda-tanda perlawanan yang sangat kuat dari pasukan Jendral Bearish. Tampak bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah menunjutkkan tanda-tanda melemah sedangkan kekuatan pasukan Jendral Bearish sedang menguat.

Candlestick doji berekor bahwa panjang ini menceritakan bahwa pasukan Jendral Bearish telah cukup kuat untuk memukul balik pasukan Jendral Bulllish. Betul bahwa mereka akhirnya terpukul mundur kembali. Namun, setidaknya, telah ada tanda-tanda perlawanan. Setidaknya sudah ada peluang bahwa pasukan Jendral Bearish akan memulai dominasinya pada hari-hari selanjutnya. Menarik untuk menunggu apakah yang terjadi selanjutnya.

Apakah akan ada konfirmasi bahwa pertanda bahwa pasukan Jendral Bearish akan mendominasi pertempuran? Atau malah pasukan Jendral Bullish yang meneruskan dominasinya? Sejauh ini kita hanya bisa menduga-duga. Kita perlu menunggu kehadiran konfirmasi sebelum mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi. Inilah mengapa pola candlestick Bearish Doji Dragonfly ini disebutkan memiliki tingkat ketepatan menengah. Mengapa diperlukan konfirmasi sebelum kita mulai menjual saham. Untuk memahami konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Dragonfly Doji

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Tampak bahwa candlestick hitam berbatang panjang tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Harga saham akan terus turun pada hari-hari selanjutnya. Saatnya untuk menjual saham.