Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Dark Cloud Cover

Bearish Dark Cloud Cover adalah salah satu dari tujuh pola candlestick bearish yang mempunyai ketepatan tinggi. Bearish berarti pola candlestick ini menjadi sinyal bahwa setelahnya, harga saham akan mengalami penurunan kedepannya. Ketepatan tinggi berarti pola candlestick ini hampir selalu benar. Oleh karenanya, kita bisa langsung mulai menjual saham yang kita miliki setelah pola candlestick ini muncul.

Jika tidak buru-buru menjual, niscaya kerugianlah yang terus terakumulasi karena harga saham akan terus mengalami penurunan setelah pola candlestick Bearish Dark Cloud Cover ini muncul. Untuk lebih memahami informasi yang diberikan oleh pola candlestick bearish ini, mari kita perhatikan gambar di bawah:

Pola Candlestick Bearish Dark Cloud Cover

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bearish Dark Cloud dibentuk oleh dua candlestick berbatang panjang – candlestick putih dan candlestick hitam. Untuk memdahkan analisa, mari kita anggap bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Jadi, begini ceritanya, setelah sebuah tren naik (bullish) yang panjang, sebuah candlestick putih berbatang panjang terbentuk.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih terus mendominasi pertempuran. Diprediksi bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bullish masih akan mendominasi pertempuran. Tren naik masih akan terus berlanjut. Harga saham masih akan terus naik. Sayangnya, keesokan harinya, prediksi ini terbukti salah. Sebuah candlestick hitam berbatang panjang lah yang terbentuk.

Candlestick hitam ini mempunyai harga pembukaan di atas harga penutupan hari pertama dan harga penutupan sedikit di atas harga pembukaan hari pertama. Dapat kita lihat bahwa candlestick hitam seolah-olah adalah awan hitam (dark cloud) yang menutupi (cover) candlestick putih hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pada hari kedua, pasukan Jendral Bearish telah memperoleh kekuatannya.

Mereka dapat mulai mendominasi pertempuran. Diprediksi bahwa pada hari-hari selanjutnya, pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi pertempuran. Tren naik (bullish) telah berakhir. Tren turun (bearish) telah dimulai. Harga saham akan terus menurun pada hari-hari selanjutnya. Secara statistik pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan tinggi jadi kita sudah seharusnya mulai menjual saham yang dimiliki.

Namun, seperti biasa, untuk memperkecil resiko, tidak ada salahnya menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum memutuskan. Toh, jika dilihat, pasukan Jendral Bearish belum benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish yang terjadi pada hari pertama. Harga penutupan hari kedua masih belum berada di bawah harga pembukaan pada hari pertama. Mari kita menunggu konfirmasi pada hari selanjutnya.

Menunggu konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar berada di atas pasukan Jendral Bearish. Untuk memahaminya, mari kita lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Bearish Dark Cloud Cover

Saya telah menambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah gari konfirmasi. Dapat kita lihat bahwa pada hari ketiga, sebuah candlestick hitam berbatang panjang telah terbentuk. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan di atas harga penutupan hari kedua, dan harga penutupan di bawah harga pemebukan hari pertama. Ini mengkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish.

Terkonfirmasi bahwa selanjutnya, pasukan Jendral Bearish akan benar-benar mendominasi pertemuran. Kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dihancurkan sehingga tidak akan ada perlawanan dalam waktu dekat ini. Tren turun (bearish) akan terus berlanjut. Harga saham akan terus turun. Saatnya menjual saham yang kita miliki jika tidak ingin kehilangan keuntungan yang sudah ditangan, atau jadinya malah mengakumulasi kerugian.