Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Breakdown

Saatnya membahas mengenai pola candlestick. Ini adalah lanjutan dari seri artikel pola candlestick yang sebelumnya telah membahas pola candlestick Bearish Two Crows. Untuk kali ini, akan dibahas mengenai pola candlestick Bearish Breakdown. Pola candlestick ini adalah sebuah sinyal bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menjadi tren turun (Bearish). Tentu, ini adalah sinyal bahwa sebaiknya mulai menjual saham yang dimiliki.

Namun, tunggu dulu. Ternyata pola candlestick Bearish Breakdown ini hanya mempunyai tingkat ketepatan menengah. Berarti, masih ada peluang akan terjadi tren naik (Bullish) kembali setelahnya. Tentu akan sangat merugikan jika ternyata kita telah menjual saham yang kita miliki bukan? Sebaiknya menunggu konfirmasi terlebih dahulu. Untuk lebih memahami mengenai pola candlestick ini, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Breakdown

Tampak bahwa pola candlestick Bearish Breakdown dibentuk oleh lima buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang, dua buah candlestick putih berbatang pendek, sebuah candlestick berbatang pendek (entah putih atau hitam), dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan bahwa kelima candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Belum ada terlihat perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Dapat disimpulkan bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bullish masih akan mendominasi pertempuran. Sayangnya, kesimpulan ini terbukti salah. Keesokan harinya ada sebuah candlestick putih berbatang pendek.

Dalam hal ini, harga pembukaan dan penutupan lebih tinggi dari harga penutupan hari pertama. Candlestick hari kedua ini menceritakan bahwa pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bullish tampak hendak meneruskan dominasinya. Mereka berhasil merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, setelah beberapa saat maju, mereka membentur tembok pertahanan yang sangat kuat hingga tidak bisa maju lebih jauh lagi.

Ya, pertahanan pasukan Jendral Bearish tampak sangat kuat. Dapat diprediksi bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish tampaknya tidak bisa dilanjutkan lagi pada hari-hari selanjutnya. Dan benar saja, pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick berbatang pendek. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan kekuatan pasukan Jendral Bearish hampir sama kuat. Tidak ada satu pihak yang dapat mendominasi.

Pada keesokan harinya, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang pendek. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish tampak berusaha untuk kembali mendominasi. Mereka merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun, pertahanan pasukan Jendral Bearish memang sangat kuat hingga pergerakan pasukan Jendral Bullish tertahan. Sampai hari keempat ini, belum ada pihak yang dapat mendominasi.

Mungkin seterusnya pertempuran akan seimbang begini. Sayangnya, ternyata tidak. Pada hari kelima, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya pasukan Jendral Bearish melancarkan serangan balasan yang sangat kuat. Mereka langsung menyerang dengan sangat kuat dari awal pertempuran. Pasukan Jendral Bullish yang tidak siap terpukul mundur hingga jauh.

Setelah sekian lama, akhirnya ada pihak yang berhasil mendominasi. Pihak tersebut adalah pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa dominasi pasukan Jendral Bearish ini akan berlanjut pada hari-hari selanjutnya. Namun, dapat dilihat bahwa pertahanan kuat pasukan Jendral Bullish yang dibuat pada hari pertama belum hancur. Masih ada peluang pasukan Jendral Bullish akan bangkit kembali.

Dalam hal ini, dominasi pasukan Jendral Bearish belum terlalu kuat juga. Oleh karenanya, sebaiknya menunggu konfirmasi terlebih dahulu untuk memastikan. Memastikan bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat dihancurkan. Untuk lebih memahami bagaimana konfirmasi tersebut, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Breakdown

Pada gambar di atas, telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, pertahanan kuat pasukan Jendral Bullish telah berhasil dihancurkan. Pasukan Jendral Bearish akan meneruskan dominasinya pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus turun. Saatnya mulai menjual.