Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Belt Holt

Setelah sekian lama, kita ketemu lagi. Saya akan meneruskan seri artikel pola candlestick. Kali ini akan dibahas mengenai pola candlestick Bearish Belt Holt. Sama seperti pola candlestick Bearish Harami, pola candlestick ini juga merupakan penanda bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menjadi tren turun (Bearish). Jelas, ini adalah sebuah sinyal untuk mulai menjual saham karena harganya akan terus turun.

Tapi perlu diperhatikan bahwa tingkat ketepatan pola candlestick Bearish Belt Holt ini termasuk cukup rendah. Tetap besar kemungkinan bahwa alih-alih turun, ternyata pergerakan harga malah terus naik setelahnya. Tentu adalah sebuah kerugian karena kita sudah terlanjur menjual saham yang kita miliki bukan? Oleh karenanya, sangat dianjurkan agar kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai bertindak.

Untuk lebih memahami apa dan bagaimana pola candlestick Bearish Belt Holt, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Belt Holt

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bearish Belt Holt terdiri dari dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang lebih panjang. Candlestick hitam tampak berada diatas candlestick putih. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya seperti hari-hari sebelumnya. Sungguh wajar jika diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus mendominasi pada pertempuran kedepannya. Namun ternyata, prediksi hanyalah tinggal prediksi. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang dengan harga pembukaan jauh diatas harga pembukaan hari pertama.

Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, prediksi hari pertama tampak benar. Pasukan Jendral Bullish langsung mendominasi pertempuran dan merangsek jauh ke daerah pasukan Jendral Bearish. Namun ternyata, pasukan Jendral Bearish telah menunggu dengan kekuatan yang sangat besar. Begitu saatnya tepat, mereka menyerang dengan sangat kuat hingga pasukan Jendral Bullish kocar-kacir.

Pasukan Jendral Bullish terus terdesak hingga kembali mundur ke titik awal. Jelas, dalam hal ini, Pasukan Jendral Bearish telah menang secara moral. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan meneruskan kemenangannya pada hari-hari selanjutnya. Namun, belum ada yang pasti dalam hal ini, bisa saja pasukan Jendral Bullish masih menyimpan kekuatan yang dapat membalikkan keadaan kembali.

Untuk memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bearish Belt Holt

Telah saya tambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar. Tampak bahwa pada hari ketiga, sebuah candlestick hitam berbatang panjang mempunyai harga penutupan yang lebih rendah dari harga pentupan hari pertama. Telah terkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar dapat menghancurkan kekuatan pasukan Jendral Bullish. Harga saham akan terus turun. Saatnya menjual.