Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bearish Advance Block

Setelah membahas mengenai pola candlestick Bearish Meeting Lines, mari kembali membahas pola candlestick lainnya. Kali ini akan dibahas mengenai pola candlestick Bearish Advance Block. Pola candlestick ini adalah pola candlestick Bearish yang merupakan sinyal bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren naik (Bullish) menuju tren turun (Bearish). Tentu ini adalah saat yang tepat untuk mulai menjual saham yang kita miliki.

Namun, tunggu dulu. Ternyata pola candlestick Bearish Advance Block ini hanya punya tingkat ketepatan menengah. Ketepatan menengah berarti peluang terjadi penurunan adalah lima puluh persen. Ini berarti masih ada peluang lima puluh persen lagi bahwa alih-alih tren turun (Bearish), yang terjadi malah tren naik (Bullish). Tentu ini adalah kerugian jika kita telah menjual saham yang dimiliki sebelumnya.

Inilah mengapa disarankan untuk menunggu adanya konfirmasi sebelum mulai menjual saham. Konfirmasi bahwa benar-benar yang terjadi adalah tren turun (Bearish). Untuk lebih memahami mengenai pola candlestick Bearish Advance Block ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bearish Advance Block

Tampak bahwa pola candlestick Bearish Advance Block dibentuk oleh tiga buah candlestick. Ketiga candlestick tersebut adalah candlestick putih berbatang panjang dengan batang yang semakin memendek. Sebelum melanjutkan, mari kita samakan asumsi terlebih dahulu. Untuk mempermudah, mari asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Tentu jangka waktu ini bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Diprediksi bahwa dominasi ini masih akan terus berlanjut keesokan harinya. Dan tampaknya terbukti. Pada hari kedua terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang – namun lebih pendek dari batang hari pertama. Cerita hari kedua ini cukup menarik.

Pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bearish menyerang dengan sangat kuat hingga berhasil mendorong mundur pasukan Jendral Bullish cukup jauh. Kemudian pasukan Jendral Bullish berhasil melakukan serangan balasan yang tidak kalah kuatnya hingga pasukan Jendral Bearish terdesak mundur. Pada akhirnya pasukan Jendral Bullish tetaplah keluar sebagai pemenang. Namun,dalam hal ini, tidak dapat dikatakan mendominasi lagi.

Sudah ada tanda-tanda bahwa pasukan Jendral Bearish sudah cukup kuat untuk membalikkan keadaan. Dan juga, pasukan Jendral Bullish hanya dapat maju sedikit pada hari kedua ini. Apapun masih bisa terjadi pada hari ketiga. Tampak bahwa terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang – namun lebih pendek dari batang hari kedua. Cerita hari ketiga inipun tidak kalah menarik dari ceritah hari kedua.

Kembali pasukan Jendral Bearish mengejutkan pasukan Jendral Bullish pada awal pertempuran. Pasukan Jendral Bearish berhasil merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bullish. Kemudian pasukan Jendral Bullish tersadar dan berhasil mendesak mundur pasukan Jendral Bearish. Namun mundurnya pasukan Jendral Bearish tidak sejauh hari kedua. Ini memberitahu bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish semakin melemah.

Dilain sisi, kekuatan pasukan Jendral Bearish semakin kuat. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish pada akhirnya akan mendominasi pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Namun ini masih kemungkinan karena kekuatan pasukan Jendral Bullish pun masih cukup kuat. Dapat saja pasukan Jendral Bullish masih memenangkan pertempuran selanjutnya. Oleh sebab itu, sebaiknya menunggu konfirmasi.

Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mendominasi pertempuran. Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar habis. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, perhatikan gambar berikut:

konfirmasi-bearish-advance-block

Pada gambar, telah digambarkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Tampak bahwa candlestick hitam tersebut menembus ke bawah garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar mendominasi pertempuran. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus turun . Tren Bearish telah terjadi.