Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bearish Abandoned Baby

Setelah sebelumnnya kita membahas pola candlestick Bearish Dark Cloud Cover, mari kita membahas pola candlestick lainnya, Bearish Abandoned Baby. Pola candlestick ini adalah salah satu yang punya ketepatan tinggi. Jadi, jika pola candlestick ini terbentuk, kemungkinan besar tren naik (bullish) telah berakhir, dan tren turun (bearish) akan dimulai. Saatnya mulai untuk menjual saham yang kita miliki.

Menjual saham untuk mengamankan keuntungan atau menghindari kerugian yang lebih besar. Untuk lebih memahaminya, mari kita cari tahu detail informasi yang terkandung dalam pola candlestick Bearish Abandoned Baby ini.

Pola Candlestick Bearish Abandoned Baby

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick ini dibentuk oleh tiga candlestick – sebuah candlestick putih berbatang panjang, sebuah candlestick doji, dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Perlu dicatat bahwa pola candlestick ini terbentuk setelah tren naik (bullish) yang cukup lama. Untuk memudahkan, mari mengasumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish meneruskan dominasinya. Diprediksi bahwa keesokan harinya, dominasi ini masih akan terus berlanjut. Harga diharapkan masih akan terus naik. Prediksi ini dapat dianggap benar karena keesokan harinya, terbentuk sebuah candlestick doji di atas candlestick hari pertama. Ini tentu pemenuhan prediksi sebelumnya.

Harga penutupan hari kedua lebih tinggi dari harga penutupan hari pertama. Berarti, pasukan Jendral Bullish masihlah sang pemenang. Ini jika kita membandingkan harga penutupan hari pertama dan hari kedua saja. Mari kembali melihat candlestick hari kedua. Candlestick ini berbentuk doji yang memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish dan pasukan Jendral Bullish seimbang.

Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, bentuk doji ini memberitahu kita bahwa serangan balasan dari pasukan Jendral Bearish mulai menguat. Ada kemungkinan kekuatan ini akan terus menguat sehingga pada akhirnya pasukan Jendral Bullish akan terpukul mundur dan pasukan Jendral Bearish akhirnya dapat mendominasi pertempuran. Sayangnya, kemungkinan ini terkonfirmasi pada hari ketiga.

Ada sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish telah mendominasi pertempuran. Kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pertempuran kedepannya. Ini adalah sinyal jual yang kuat. Harga saham akan terus turun dalam jangka waktu yang lama.

Pola candlestick Bearish Abandoned Baby ini mempunyai tingkat ketepatan yang sangat tinggi karena (sebenarnya) candlestick terakhir telah mengkonfirmasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Jadi, kita dapat langsung menjual saham setelah pola candlestick ini terbentuk. Namun, seperti biasa, kita dapat menunggu konfirmasi lainnya. Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar telah mendominasi.

Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah lebih besar dari kekuatan pasukan Jendral Bullish pada hari pertama. Berikut kira-kira bentuk konfirmasinya:

Konfirmasi Bearish Abandoned Baby

Telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi (garis biru). Dapat kita lihat bahwa sebuah candlestick hitam berbatang panjang terbentuk esok harinya. Candlestick ini mempunyai harga penutupan dibawah harga pembukaan hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish meneruskan dominasinya. Pasukan Jendral Bullish terus dipukul mundur.

Bahkan benteng kuat dari pasukan Jendral Bullish (yang dibentuk pada hari pertama) telah dapat ditembus. Kemungkinan besar pasukan Jendral Bearish akan meneruskan invasinya. Akan terus merebut daerah-daerah yang selama ini telah diduduki oleh pasukan Jendral Bullish. Pasukan Jendral Bullish akan butuh waktu lama untuk mematahkan dominasi pasukan Jendral Bearish. Harga saham akan terus bergerak turun.