Seri Indikator Analisis Teknikal: Candlestick, Sebuah Pengantar

Berdasarkan pengalaman saya, candlestick menawarkan informasi yang paling lengkap akan sebuah kondisi di bursa saham dibandingkan dengan indikator analisis teknikal lainnya. Dan sepertinya banyak orang yang setuju dengan saya sehingga candlestick digunakan secara luas. Tidak hanya di bursa saham tapi juga dalam berbagai bisnis terutama yang berhubungan dengan analisa keuangan.

Candlestick dapat digunakan untuk menganalisa pergerakan apa saja selama tersedia data yang cukup. Informasi dasar yang bisa diperoleh dari candlestick adalah harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi, harga terendah. Informasi ini pada dasarnya sudah cukup bagi kita untuk melakukan analisa terhadap pergerakan saham. Jadi sudah tepat jika kita meluangkan waktu untuk mempelajari tentang candlestick.

Mengenal Candlestick

Candlestick akan sangat berguna untuk membantu kita dalam berbisnis saham. Saya sendiri banyak sekali terbantu oleh sinyal-sinyal yang dihasilkan oleh candlestick. Tidak perlu heran jika saya mengatakan bahwa candlestick adalah salah satu senjata utama saya dalam mengarungi medan pertempuran di bursa saham. Dapat dikatakan bahwa candlestick adalah alat utama.

Indikator analisis teknikal yang lainnya hanyalah untuk mengkonfirmasi sinyal-sinyal dari candlestick. Itu juga jika butuh konfirmasi. Sinyal-sinyal dari candlestick bisa sangat kuat sehingga bahkan tidak perlu konfirmasi dari indikator lainnya. Tentu saja jika ingin lebih yakin, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan konfirmasi walau sinyal tersebut sangat kuat. Tapi pada dasarnya candlestick sendiri saja sudah cukup.

Ya, dengan hanya menggunakan candlestick, kita sudah dapat melakukan jual beli saham dengan aman. Bagian terpenting dari candlestick adalah pola-pola yang terbentuk. Pola-pola ini dapat memberi tahu kita apakah harga akan bergerak turun, bergerak mendatar, atau bergerak naik. Lebih jauh lagi dapat memberi tahu kita dimana titik-titik pembalikan yang sangat berguna untuk mengetahui saat yang tepat untuk membeli dan menjual saham.

Dengan kata lain candlestick tidak hanya memberikan informasi tren yang sedang berlangsung tapi juga menginformasikan kapan pembalikan tren akan terjadi. Ini sangat penting karena hasil yang kita peroleh akan maksimal jika kita memanfaatkan titik-titik pembalikan ini. Karena sangat penting maka saya putuskan untuk membahas pola-pola candlestick secara menyeluruh melalui blog sekolah saham ini.

Trackbacks

  1. […] yang lengkap dan kesederhanaan dalam cara membacayanya. Seperti yang telah saya singgung di artikel Candlestick, Sebuah Pengantar. Sekarang, mari kita mengenal lebih jauh lagi tentang candelstick.Mengenal lebih jauh apa yang […]