Seri Indikator Analisis Teknikal: Candlestick, Bentuk Dasar

Dalam artikel sebelumnnya Candlestick, Mengenal Lebih Jauh, telah dikatakan bahwa Candlestick menawarkan kemudahan dalam menganalisa pergerakan harga saham dan mengetahui kondisi kebatinan (psikologi) dari pasar yang sangat menolong untuk melakukan keputusan yang tepat dalam setiap transaksi yang kita lakukan di bursa saham. Hal ini semua dimungkinkan oleh hal yang sangat sederhana yakni warna batang (body) dari Candlestick.

Kali ini, mari kita pelajari bentuk dasar dari Candlestick. Walau pada prakteknya bentuk dari Candlestick sangat bervariasi, tapi, dengan memahami bentuk dasar ini, kita akan dapat memahami apa informasi yang terkandung dari variasi bentuk-bentuk yang lain. Bentuk dasar ini dibentuk oleh harga pembuka (O), harga tertinggi (H), harga terendah (L), dan harga penutup (C). Untuk lebih jelasnya mari perhatikan gambar berikut:

Bentuk Dasar Candlestick

Dari gambar di atas dapat diketahui bagaimana harga-harga membentuk sebuah Candlestick. Harga pembuka (O/Open) menjadi awal dari batang (body), harga penutup (C/Close) menjadi akhir dari batang (body). Ini berarti batang dibentuk oleh harga pembuka dan pentutup. Dapat juga kita lihat jika ada dua ekor yang terbentuk yakni ekor bawah oleh harga terendah (L/Low) dan ekor atas oleh harga tertinggi (H/High). Jadi sudah jelas bagaimana harga OHLC membentuk sebuah Candlestick bukan?

Lebih jauh, mari kita perhatikan kembali gambar tersebut. Dapat kita lihat jika ada dua bentuk dasar dari Candlestick yang dibedakan oleh warna batang (body) nya – warna putih dan hitam. Warna putih berarti harga pembuka lebih rendah dari harga pentutup. Warna hitam berarti harga pembuka lebih tinggi dari harga penutup. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa warna putih berarti harga naik dan warna hitam berarti harga turun.

Pada prakteknya, warna-warna ini tidak baku. Kita dapat mendefenisian warna sendiri yang kita anggap lebih nyaman. Misalnya warna hijau untuk harga naik dan warna merah untuk harga turun. Setahuku, aplikasi online trading yang ada di pasar mengijinkan kita untuk mengubah-ubah warna Candlestick sesuai dengan kenyamanan masing-masing pengguna. Yang penting kita mengetahui bagaimana Candlestick itu terbentuk dan dapat membaca informasi yang terkandung di dalamnya.

Trackbacks

  1. […] ini, kita telah membahas beberapa bentuk Candlestick – terutama dua bentuk dasar Candlestick. Selain kedua bentuk dasar tersebut, kita juga telah membahas beberapa variasi bentuk dari […]