Seri Indikator Analisis Teknikal: Bentuk Candlestick Yang Paling Sering Muncul

Sejauh ini, kita telah membahas beberapa bentuk Candlestick – terutama dua bentuk dasar Candlestick. Selain kedua bentuk dasar tersebut, kita juga telah membahas beberapa variasi bentuk dari Candlestick yakni Candlestick dengan ekor panjang dan Candlestick tanpa batang (body) yang dikenal juga sebagai bentuk doji. Setidaknya sudah ada 5 variasi Candlestick yang kita kenal dan telah kita bahas cara membacanya.

Untuk mengingatkan kembali, mari kita bahas beberapa variasi-variasi Candlestick. Variasi-variasi ini adalah bentuk Candlestick yang paling sering muncul jadi akan sangat menolong bisnis saham jika kita mengetahuinya.

Candlestick Putih Berbatang Panjang

Candlestick Putih Berbatang Panjang

Candlestick ini memberi tahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish benar-benar menguasai selama dan sampai akhir periode pertempuran. Dalam hal ini kita dapat mengharapkan bahwa dalam periode pertempuran selanjutnya, pasukan Jendral Bullish masih tetap akan menguasai pertempuran. Harga saham akan bergerak naik.

Candlestick Hitam Berbatang Panjang

Candlestick Hitam Berbatang Panjang

Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar menguasai selama dan sampai akhir periode pertempuran. Dalam hal ini kita dapat mengharapkan bahwa dalam periode pertempuran selanjutnya, pasukan Jendral Bearish masih tetap akan menguasai pertempuran. Harga saham akan bergerak turun.

Candlestick Putih Berbatang Pendek

Candlestick Putih Berbatang Pendek

Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish memenangkan pertempuran pada periode tersebut tapi bukanlah kemenangan mutlak. Perbedaan kekuatan sangat tipis antara pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish. Dalam hal ini kita masih belum dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada periode pertempuran selanjutnya. Peluang kemenangan masih sama besar. Pergerakan harga saham masih belum bisa diprediksi.

Candlestick Hitam Berbatang Pendek

Candlestick Hitam Berbadan Pendek

Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish memenangkan pertempuran pada periode tersebut tapi bukanlah kemenangan yang mutlak. Perbedaan kekuatan sangat tipis antara pasukan Jendral Bearish dengan pasukan Jendral Bullish. Dalam hal ini kita masih belum dapat memprediksi apa yang akan terjadi dalam periode pertempuran selanjutnya. Peluang kemenangan masih sama besar. Pergerakan harga saham masih belum bisa diprediksi.

Candlestick Berekor Panjang ke Bawah

Candlestick Berekor Panjang ke Bawah

Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish sempat menguasai pertempuran namun pada akhirnya dapat didesak kembali oleh pasukan Jendral Bullish. Dalam hal ini dapat kita anggap bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus mendesak pasukan Jendral Bearish dalam periode pertempuran selanjutnya. Harga saham akan bergerak naik.

Candlestick Berekor Panjang ke Atas

candlestick-berekor-panjang-ke-atas

Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish sempat menguasai pertempuran namun pada akhirnya dapat didesak kembali oleh pasukan Jendral Bearish. Dalam hal ini dapat kita anggap bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus mendesak pasukan Jendral Bullish pada periode pertempuran selanjutnya. Harga saham akan bergerak turun.

Candlestick dengan Ekor Atas dan Bawah yang Sama Panjang

Candlestick Berekor Sama Panjang

Candlestick ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish benar-benar sama kuat. Jadi selama periode pertempuran, masing-masing pasukan saling menyerang dengan jarak terjauh yang sama ke daerah musuh. Dalam hal ini dapat kita anggap bahwa kekuatan masing-masing pihak benar-benar seimbang sehinga tidak dapat diprediksi siapa yang akan menang di periode pertempuran selanjutnya. Pergerakan harga saham masih belum bisa diprediksi.