Seri Indikator Analisis Teknikal: 4 Pola Candlestick Bullish Dengan Tingkat Ketepatan Rendah

Seperti yang sudah diketahui, belakangan ini, sekolah saham telah membahas mengenai pola candlestick Bullish dengan tingkat ketepatan rendah. Tepatnya 4 pola candlestick Bullish dengan tingkat ketepatan rendah. Bullish dalam hal ini berarti pola candlestick ini memberitahu bahwa sedang terjadi peralihan dari (sebelumnya) dominasi pasukan Jendral Bearish menjadi dominasi pasukan Jendral Bullish.

Tentu ini adalah sebuah sinyal bahwa kita harus mulai membeli saham karena harganya akan terus bergerak naik. Namun, seperti yang sudah disebutkan, pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan rendah. Ini berarti masih besar peluangnya bahwa alih-alih naik, yang terjadi malah harga saham meneruskan penurunannya. Betapa ruginya jika kita telah terlanjur membeli bukan? Untungnya ada jalan keluarnya.

Pola Candlestick Bullish Dengan Tingkat Ketepatan Rendah

Jalan keluarnya adalah kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli. Perlu dicatat, dalam hal ini, menunggu konfirmasi adalah wajib hukumnya. Konfirmasi ini memberitahukan bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mendominasi pertempuran dan besar kemungkinannya akan terus mendominasi kedepannya. Berikut rangkuman dari ke-empat pola candlestick dengan ketepatan rendah:

#1. Pola Candlestick Bullish Inverted Hammer

Inverted Hammer adalah pola candlestick Bullish yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick berbatang pendek dengan ekor atas yang panjang. Bentuknya seperti sebuah palu (hammer) yang terbalik. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, dominasi pasukan Jendral Bearish berhasil diimbangi oleh pasukan Jendral Bearish sehingga terjadi pertempuran yang sangat sengit. Dalam hal ini, siapapun pemenangnya, hanya akan menang tipis. Berhubung kondisi ini tercipta setelah sebuah dominasi pasukan Jendral Bearish, dapat diartikan bahwa akan terjadi perubahan. Pasukan Jendral Bullish mungkin akan memulai dominasinya.

#2. Pola Candlestick Bullish Belt Hold

Belt Hold adalah pola candlestick Bullish yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang. Melihat candlestick ini, kita akan langsung tahu bahwa pasukan Jendral Bullish sudah (dan sedang) mendominasi. Perlu dicatat bahwa pola candlestick ini terbentuk setelah sebuah dominasi pasukan Jendral Bearish yang sangat kuat dan lama. Ini artinya bahwa ada tanda-tanda bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah melemah. Pasukan Jendral Bullish sedang kuat-kuatnya untuk mengambil-alih dominasi. Tentu, berdasarkan kondisi ini, dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus menang pada pertempuran-pertempuran selanjutnya.

#3. Pola Candlestick Bullish Harami

Harami adalah pola candlestick Bullish yang dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick hitam berbatang sangat panjang dan sebuah candlestick putih berbatang panjang. Dalam hal ini, candlestick hitam lebih panjang dari candlestick putih. Candlestick hitam meliputi candlestick putih tersebut. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa dominasi pasukan Jendral Bearish telah mendapat perlawanan yang sangat kuat dari pasukan Jendral Bullish. Dapat dikatakan bahwa pasukan Jendral Bearish sedang melemah sementara pasukan Jendral Bullish terus menguat. Kemungkinan, pasukan Jendral Bullish akan menguasai pertempuran kedepannya.

#4. Pola Candlestick Bullish Hammer

Hammer adalah pola candlestick Bullish yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick berbatang pendek dengan ekor bawah yang panjang. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang ada perlawanan sengit dari pasukan Jendral Bullish setelah sebelumnya, pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Perlawanan ini bisa berarti dua yakni kekuatan pasukan Jendral Bearish telah melemah dan kekuatan pasukan Jendral Bullish sedang menguat. Jadi, kemungkinan kedepannya, pasukan Jendral Bullish-lah yang akan memenangkan pertempuran.