Seri Indikator Analisis Teknikal: 10 Pola Candlestick Bearish dengan Tingkat Ketepatan Menengah

Jika anda pembaca setia, tentu sudah tahu, sekolah saham telah membahas mengenai pola candlestick Bearish dengan tingkat ketepatan menengah – tepatnya 10 pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa tren naik (Bullish) sudah berakhir dan tren turun (Bearish) sedang dimulai. Tentu ini adalah sinyal untuk mulai menjual saham yang kita miliki.

Namun, berhubung ketepatannya hanya tingkat menengah, menunggu konfirmasi adalah langkah yang bijak. Menunggu konfirmasi bahwa ternyata tren turun (Bearish) benar-benar terjadi alih-alih sebaliknya. Untuk mengingatkan kembali apa-apa saja yang termasuk dalam pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah, sekolah saham akan merangkumnya. Berikut 10 pola candlestick Bearish dengan tingkat ketepatan menengah:

10 Pola Candlestick Bearish Ketepatan Menengah

#1. Pola Candlestick Bearish Dragonfly Doji

Dragonfly Doji adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick doji dengan ekor bawah yang panjang dan tanpa ekor atas. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Ditengah pertempuran, pasukan Jendral Bearish berhasil melakukan serangan balasan yang sangat kuat sehingga dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish hingga jauh. Kemudian, pasukan Jendral Bullish memperoleh kekuatannya hingga dapat merangsek maju kembali ke titik awal penyerangan. Yup, pasukan Jendral Bullish terlihat sebagai pemenang diakhir namun perlawanan pasukan Jendral Bearish tidak bisa diremehkan. Kemungkinan besar, pada pertempuran selanjutnya, pasukan Jendral Bearish akan kembali dengan perlawanan yang semakin kuat.

#2. Pola Candlestick Bearish Long Legged Doji

Long Legged Doji adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan ekor bawah yang panjang. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi pertempuran yang sangat sengit. Awalnya, pasukan Jendral Bullish meneruskan dominasinya dan dapat merangsek maju cukup jauh. Kemudian, pasukan Jendral Bearish melakukan serangan balasan yang kuat hingga pasukan Jendral Bullish terpukul mundur hingga jauh ke dalam daerahnya. Diakhir pertempuran, pasukan Jendral Bullish memperoleh kembali kekuatannya dan berhasil merangsek maju hingga titik awal penyerangan. Dalam hal ini, ada sinyal bahwa pasukan Jendral Bearish sudah punya kekuatan untuk mengalahkan pasukan Jendral Bullish.

#3. Pola Candlestick Bearish Engulfing

Engulfing adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang lebih panjang. Candlestick hitam tampak seperti memeluk candlestick putih. Candlestick pertama memberitahu bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka dapat mendominasi dari awal hingga akhir pertempuran. Candlestick kedua memberitahu bahwa pasukan Jendral Bearish gantian mendominasi. Pada awalnya pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka merangsek maju. Kemudian, pasukan Jendral Bearish menemukan kekuatannya dan melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Mereka dapat memukul mundur pasukan Jendral Bullish hingga jauh. Dominasi pasukan Jendral Bearish tampaknya akan terus berlanjut.

#4. Pola Candlestick Bearish Gravestone Doji

Gravestone Doji adalah pola candlestick yang dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick doji dengan ekor atas yang sangat panjang. Pola candlestick ini memberitahu bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish telah berakhir. Pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka berhasil merangsek maju sangat jauh. Namun ternyata pasukan Jendral Bearish telah mempersiapkan diri di kedalaman. Pada akhir pertempuran, mereka berhasil melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Pasukan Jendral Bullish terdesak mundur hingga titik awal. Kemungkinan besar, pasukan Jendral Bearish akan terus merangsek maju pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Dominasi pasukan Jendral Bearish tampaknya sedang dimulai.

#5. Pola Candlestick Bearish Harami Cross

Harami Cross adalah pola candlestick yang dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama pendek. Candlestick putih memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka terus merangsek maju dari awal pertempuran hingga akhir pertempuran. Tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish sama sekali. Candlestick doji memberitahu kita bawah pada akhirnya, dominasi pasukan Jendral Bullish telah berakhir. Pasukan Jendral Bearish telah cukup kuat untuk menandingi kekuatan pasukan Jendral Bullish yang sebelumnya sangat dominan. Dalam kata lain, kekuatan pasukan Jendral Bullish telah melemah dan kekuatan pasukan Jendral Bearish sedang menguat. Dominasi pasukan Jendral Bearish dapat terjadi setiap saat, setelahnya.

#6. Pola Candlestick Bearish Meeting Lines

Meeting Lines adalah pola candlestick yang dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick putih memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih meneruskan dominasinya. Mereka terus mendominasi pertempuran dari awal hingga akhir. Sama sekali tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Candlestick hitam memberitahu bahwa pada akhirnya pasukan Jendral Bearish dapat mendominasi. Pada awalnya memang pasukan Jendral Bullish masih mendominasi. Mereka berhasil merangsek maju hingga jauh. Kemudian, pasukan Jendral Bearish melakukan serangan balasan yang sangat kuat hingga dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish kembali ke titik awal. Dapat diprediksi bahwa dominasi pasukan Jendral Bearish sedang dimulai.

#7. Pola Candlestick Advance Block

Advance Block adalah pola candlestick yang dibentuk oleh tiga buah candlestick. Tiga buah candlestick putih dengan batang relatif panjang. Pola candlestick Bearish ini lumayan unik karena disusun oleh semua candlestick putih yang biasanya adalah simbol dominasi pasukan Jendral Bullish. Jadi, mari kita lihat mengapa candlestick putih malah memberi pesan bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish akan berakhir. Candlestick pertama memberitahu bahwa pasukan Jendral Bullish meneruskan dominasinya. Masih normal. Candlestick kedua memberitahu kita bahwa pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bearish melakukan serangan yang sangat kuat hingga dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish. Demikian pula dengan candlestick ketiga. Walau pada akhirnya pasukan Jendral Bullish dapat kembali menjadi pemenang, namun tampak bahwa kekuatan mereka memang semakin melemah. Dilain sisi, tampak bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish semakin menguat.

#8. Pola Candlestick Bearish Three Star

Three Star adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh tiga buah candlestick. Tiga buah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah sama pendeknya. Ketiga candlestick doji ini membentuk formasi tiga buah bintang. Pola candlestick ini memberitahu bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish telah berhasil ditandingi oleh pasukan Jendral Bearish. Candlestick pertama dan kedua memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish masih terus berusaha untuk mendominasi. Mereka terus berusaha merangsek maju. Namun, perlawanan pasukan Jendral Bearish sangat kuat sehingga gerakan pasukan Jendral Bullish tertahan. Kemudian, candlestick ketiga memberitahu bahwa (walau sedikit) pasukan Jendral Bearish akhirnya dapat merangsek maju. Gerakan maju mereka agak tertahan karena pertahanan pasukan Jendral Bullish masih cukup kuat. Hanya tinggal menunggu waktu saja kapan pasukan Jendral Bearish dapat menghancurkan pertahanan pasukan Jendral Bullish dan mendominasi pertempuran.

#9. Pola Candlestick Bearish Two Crows

Two Crows adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick hitam berbatang pendek dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick pertama memberitahu bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish mulai berakhir. Pada awalnya, pasukan Jendral Bullish memang meneruskan dominasinya. Kemudian pasukan Jendral Bearish melakukan serangan balasan hingga dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish (sedikit). Candlestick kedua menegaskan bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish telah berakhir dan dominasi pasukan Jendral Bearish sedang dimulai. Pada awalnya, pasukan Jendral Bullish memang sempat merangsek maju sebentar. Kemudian, pasukan Jendral Bearish melakukan serangan yang sangat kuat sehingga pasukan Jendral Bullish terdesak mundur hingga jauh. Pasukan Jendral Bearish benar-benar menunjukkan dominasinya dalam hal ini. Kemungkinan besar dominasi ini akan terus berlanjut.

#10. Pola Candlestick Bearish Breakdown

Breakdown adalah pola candlestick Bearish yang dibentuk oleh lima buah candlestick. Sebuah candlestick putih berbatang panjang, dua buah candlestick putih berbatang pendek, sebuah candlestick putih/hitam berbatang pendek, dan sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick pertama memberitahu bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish masih terus berlanjut. Belum ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Candlestick kedua sampai ketiga (yang berbatang pendek) memberitahu bahwa sedang terjadi perlawanan yang sangat kuat dari pasukan Jendral Bearish. Dominasi dapat berubah setiap saat dalam hal ini. Dan terbukti oleh candlestick kelima. Candlestick kelima memberitahu bahwa akhirnya pasukan Jendral Bearish dapat mendominasi pertempuran. Mereka dapat mendominasi pertempuran dari awal hingga akhir. Kemungkinan dominasi ini akan terus berlanjut.