Analisis Fundamental dan Analisis Teknikal, Makna Istilah

Seperti layaknya semua bisnis, maka bisnis saham juga memerlukan kecapakan pelakunya. Pebisnis saham tidak boleh menjadi “orang buta”dalam artian melakukan bisnis saham tanpa menggunakan metode yang benar. Hal ini tentu saja jika mengharapkan keuntungan dan bukan hanya sekedar mau bermain-main saja di pasar saham.

Dapat dipastikan kita hanya akan membuang waktu dan uang jika melakukan bisnis saham hanya berdasarkan perasaan saja tanpa menggunakan metode yang sudah teruji di pasar saham. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis saham, sudah seharusnya kalo kita mengetahui tentang Analisis Fundamental dan Analisis Teknikal. Sehingga dapat melakukan bisnis saham lebih terarah dan tepat.

Analisis Fundamental Teknikal

Untuk permulaan, mari mengetahui makna istilah dari Analisis Fundamental (FA) dan Analisis Teknikal (TA). Tentu saya akan membahas lebih mendalam mengenai kedua analisis ini dilain kesempatan. Untuk saat ini lebih baik kita fokus untuk mengerti apa itu Analisis Fundamental maupun Analisis Teknikal secara makna istilah.

Analisis Fundamental (FA)

Analisis Fundamental (FA) adahal metode analisis yang menekankan pada pendekatan kondisi ekonomi. Metode analisis ini memperhitungkan berbagai faktor yang terkait dengan kondisi ekonomi – termasuk kondisi ekonomi dunia, kondisi ekonomi suatu negara, politik ekonomi, dll. Analisis Fundamental meliputi makro dan mikro analisis. Makro analisis lebih ke arah kondisi ekonomi dunia atau negara – misalnya apakah kondisi ekonomi dunia sedang sehat atau tidak.

Sedangkan mikro analisis lebih ke arah valuasi instrumen keuangan dan nilai wajar dari saham perusahaan. Analisis fundamental (FA) didasarkan pada laporan keuangan (termasuk laporan keuangan perusahaan, negara, zona ekonomi, dll). Secara sederhana, Analisis fundamental adalah sebuah metode untuk mengetahui apakah suatu saham itu mahal, murah, atau normal.

Analisis Teknikal (TA)

Analisis Teknikal (TA) aldalah metode analisis saham yang dikenal luas oleh pebisnis saham karena dianggap lebih sederhana jika dibandingkan dengan analisis Fundamental (FA). Analisis Teknikal digunakan untuk memprediksi arah pergerakan saham untuk rentang waktu tertentu. Analisis Teknikal adalah metode untuk menganalisa pergerakan harga pada suatu rentang waktu dan keterkaitannya dengan faktor lain semisal volume transaksi.

Analisis Teknikal didasarkan pada pola grafis dari pergerakan saham di masa lalu. Pola grafis inilah yang digunakan untuk menentukan apakah saatnya untuk membeli, menyimpan, atau menjual saham. Secara sederhana, analisis Teknikal adalah sebuah metode untuk mengetahui apakah harga akan naik, mendatar, atau turun.

Artikel Saham Lainnya:

Trackbacks

  1. [...] dapat memberikan akurasi di atas 50% untuk pertanyaan-pertanyaan di atas. Metode tersebut adalah analisis teknikal (TA). Seperti yang sudah saya singgung sebelumnnya, dengan mengkombinasikan analisis teknikal ini dengan [...]

  2. [...] tipe investor. Setelah mengetahuinya, maka kita dapat mulai mempelajari strategi yang tepat – analisis fundamental bagi investor dan analisis teknikal bagi [...]

Speak Your Mind

*